Selasa, 18 Januari 2011

Psikologi Perkembangan

Soal
1. Andi anak kelas 5 (lima) sekolah dasar, ia sedih karena ibunya sakit, ia harus mendapatkan uang agar ibunya dapat berobat kedokter. Andi tidak tahu bagaiman caranya mendapatkan uang tersebut. Siatu ketika andi sedang diterminal bus dekat rumahnya, dia melihat seorang ibu yang kesulitan mengaangkut barang belanjanya. Andi ingin membantu ibu tersebut, namun ia dimarahi, karena dianggap seorang pencopet. Andi dimaki oleh ibu tersebut. Mendengar makian itu andi marah, tetapi ia tidak berbicara apa-apa. Tiba-tiba andi melihat ada benda jatuh dari barang bawaan ibu tersebut. Andi menatap barang itu dan ternyata dompet. Kemudian cepat-cepat ia menginjak dompet tersebut dan seolah-olah bersikap tidak terjadi apa-apa. Ketika ibu tersebut telah pergi, andi cepat-cepat membawa dompet tersebut dan membukanya, ternyata isi dompet tersebut adalah uang yang cukup banyak. Andi bahagia sekali dan membawa ibunya berobat.
Berdasarkan cerita diatas, ajukanlah bbeberapa pertanyaan berikut pada anak kelas 5-6 sd, catat dan analisis jawaban mereka
a. Apakah andi harus berusaha mendapatkan uang agar ibunya terobati
b. Apakah andi berhak memiliki uang dalam dompet ibu tersebut
c. Apakah andi termasuk anak yang baik? Jika ia mengapa demikian
d. Pantaskah andi marah kepada ibu tersebut yang telah menghina dan mengiranya pencopet
Dari jawaban anak tersebut, analisa apakah jawaban anak tersebut sesuai dengan niali moral dan jelaskan pendapat anda tentang pendapat anak tersebut lengkapi dengan teori
2. Jelaskan hubunagn antara emosi dengan kesulitan belajar dan usaha mengembangakn emosi yang baik pada remaja (lengkapi dengan teori)
3. Carilah kasus tentang konsep diri negative pada remaja dan selesaikan kasus tersebut dilengkapi dengan teori yang sesuai
4. Adakah kaitan antara (jelaskan dan berikan contoh)
-perkembangan social -konsep diri
-perkembangan emosi yang tidak stabil -prilaku yang menyimpang


Jawaban
A.Iya, tapi ia masih sekolah kenalah belajar dulu.
B.Tidak, tapi kalau untuk ibunya takpalah..
C.baik,Karena Andi Telah Mengambil Dompet Ibu Tersebut untuk ibunya.
D.Pantas. sebab dia tidak bersalah
Dari jawaban ini anak dapat membedakan mana yang buruk bagi mereka,dengan demikian anak ini bisa bersosialisasi dengan baik dalam kehidupan mereka dan memikirkan secara logika.. dalam bermasyarakat..


Menurut Dra.MG.Adiyanti, M.S. :
Prestasi anak akan mendapatkan penghargaan dari lingkungan.Sikap lingkungan yang demikian akan mempunyai andil negative dalam perkembangan anak.

2.) Ita/psikologi diri yang positif:mengemukakan bahwa pengendalian emosi yg kuat hanya di lakukan nak dlm berinteraksi dgn teman nya.

Selalu ada dua sisi dalam upaya meraih prestasi sukses ada menang dan kalah. Sebab itu dalam emosi anak2 tersebut perlu diadakan suatu positif didalam emosinya..

3Aquilina Tanti Arini,SPsi : Susi adalah seorang gadis kecil ia merasa dirinya sebagai anak “bodoh”, padahal nilai ulangannya berkisar 65-70. Ia sering merasa malu..Persan dan sikap negative itu tdak terjadi pada susi.Pola perilaku withdrawl merupakan gambaran diri yang negative dan menjurus kepada membentuk diri yang kurang baik..

4. Perkembangan sosial dan konsep diri perkembangan sosial ditahap ini anak/remaja telah mencapai jenjnag mejelang dewasa, kebutuhan remaja telah telah cukup kompleks ,cakrawala interaksi sosial dan pergaulan remaja ditandai oleh menonjolnya fungsi intelektual dan emosional menurut” erik erison “ bahwa masa remaja terjadi masa krisis dan masa pencarian jati diri ( konsep diri )dan dia berpendapat bahwa penemuan jati diri seseorang didorong oleh sosiokultural , dalam hal ini konsep diri merupakan inti pola perkembangan konsep diri merupakan inti pola perkembangan kepribadian seseorang jika konsep diri politik ,akan mengembangkan sifat seperti diri politik , akan mengembangkan sifat seperti kepercayaan diri, harga diri dan mampu untuk melihat dirinya secara realitas , sehingga akan menumbuhkan penyesuain sosial baik

Tiada ulasan:

Catat Ulasan